Kamis, 16 Maret 2017

Kambing Gibas


Kambing Gibas adalah salah satu jenis kambing yang memiliki ciri khas yang sangat lunik. Kambing  jenis ini sudah menyebar luas di berbagai wilayah indonesia, karena kambing ini sangat mudah melakukan adaptasi di lingkunagan baru, sehingga sangat  mudah untuk di budidayakan. Adapun karakteristik kambing gibas ini memiliki badan yang sedang, telinga pendek, punggung meninggi, ukuran leher pendek, betina dan jantan memiliki tanduk. Ketinggian badan betina dewasa mencapai 56 cm sedangkan jantan dewasa mencapai 60 – 65 cm .
Dalam pemeliharaan dan pemberian pakan juga tidak sulit. Rerumputan merupakan pakan sumber energi bagi ternak kambing. Jenis rumput yang di berikan adalah rumput alam maupun rumput lapangan. Sedangkan pakan hasil dari limbah pertanian atau pakan pengganti berupa dedak padi, daun pepaya, kulit dan daun singkong, batang kangkung, jerami padi dan daun jagung . Namun pakan kambing dengan protein yang sangat  tinggi berupa daun kacang panjang, daun kacang tanah, daun gamal, daun kedelai, daun lamtoro dan lain-lainnya .
Secara umumnya, pakan kambing terbagi dua jenis yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Pakan hijauan merupakan pakan yang berasal dari alam seperti rerumputan dan kacang-kacangan, sedangkan pakan konsentrat merupakan pakan buatan seperti dedak padi atau pun ampas tahu dan lain-lain.

Adapun pengendalian penyakit pada kambing yaitu mengunakan vaksinasi dengan cara mencampurkannya dengan makanan ataupun minuman pada ternak kambing kacang . Vaksinasi bermanfaat untuk memperkuat dan juga menangkal serangan penyakit pada ternak kambing . Sehingga ternak kambing akan terbebas dari ancaman penyakit .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post